Libreoffice merupakan salah satu software aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh TDF (The Document Foundation), Libreoffice merupakan t...

Linux : Install LibreOffice 6.4.0 di Kali Linux 2019.3

Libreoffice merupakan salah satu software aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh TDF (The Document Foundation), Libreoffice merupakan turunan dari openoffice, aplikasi ini berbasis open source sehingga gratis dan bebas untuk digunakan. 

Sama seperti Microsoft Office yang pasti sudah tidak asing di telinga kita, di Libreoffice pun memiliki aplikasi yang cukup lengkap, mulai dari pengolah kata, angka, presentasi, serta database, penggunaannya juga tidak terlalu sulit, hanya masalah waktu saja, ketika kita sudah terbiasa akan terasa mudah, sama saja ketika kita belajar mengoprasikan Microsoft Office untuk pertama kali, kita merasa kesulitan dan tak tau fungsi-fungsi dari setiap menu pada Microsoft office, tapi lama-lama kita terbiasa dan mudah dalam mengoprasikannya.

Daripada ngga ada bahan untuk postingan, jadi kali ini saya akan membahas cara install LibreOffice versi 6.4.0 di Kali Linux. 


Pertama download terlebih dahulu paket .deb libreoffice di situs resminya bisa kunjungi disini.


File yang didownload memiliki format .tar.gz, maka dari itu kita ekstrak terlebih dahulu file libreoffice yang sudah kita download tadi dengan menggunakan perintah "tar -xzvf namafile", lalu tunggu hingga proses selesai. 


Selanjutnya, kita masuk ke direktori Libreoffice yang sebelumnya sudah kita ekstrak dan ketik perintah "ls" untuk melihat isi direktori Libreoffice tersebut. 


Setelah masuk ke direktorinya, jalankan perintah "dpkg -i *.deb" untuk melakukan proses instalasi file-file .deb yang ada didalam direktori Libreoffice.


Instalasi selesai dan Libreoffice siap digunakan. 


Sekian, Semoga Bermanfaat.

0 komentar: