Hardware : PSU Bagus vs PSU Abal-abal

PSU (Power Supply) merupakan salah satu komponen komputer yang tidak boleh kita anggap remeh, PSU merupakan sebuah komponen pada komputer yang berfungsi untuk mensuplai tegangan listrik ke setiap komponen pada komputer, PSU mengubah arus AC menjadi DC dan mengalirkannya sebagai daya / tenaga untuk menggerakkan setiap komponen komputer.


Kebanyakan orang termasuk saya sendiri, ketika merakit sebuah PC, untuk menekan budget, lebih memilih menggunakan PSU abal-abal maupun PSU bawaan casing. Apakah salah menggunakan PSU abal-abal atau bawaan casing ? Ya tidak sepenuhnya salah juga, bukan berarti saya menjelekkan PSU yang murah atau PSU bawaan casing, cuma apa ngga eman-eman, Processor sudah kelas dewa, storage gede pake ssd, ram super kenceng, motherboard kelas atas, fan dan heatsink kelap-kelip warna warni kayak pasar malem, tapi PSU kok nanggung, kok yang gratisan, kok yang murah ? tidak ada salahnya kita mengeluarkan kocek yang lebih dalam untuk membeli sebuah PSU yang lebih bagus, daripada kita membeli PSU yang murah tapi merusak komponen-komponen komputer yang lainnya dan pada akhirnya akan keluar uang yang lebih banyak lagi ? Tak apa boros diawal kalau pada akhirnya akan hemat, daripada hemat diawal tapi pada akhirnya boros juga.

PSU bawaan casing

Kelebihan PSU bawaan casing 
  • Murah
  • Mudah didapat 
 Kekurangan PSU bawaan casing 
  • Cepat rusak apabila sering terjadi mati listrik secara mendadak
  • Listrik yang dialirkan kurang stabil sehingga dapat merusak komponen lain 
  • Belum bersertifikasi 80+
  • Tidak bergaransi

PSU Bagus 

Kelebihan 
  • Listrik yang dialirkan lebih stabil dibanding PSU bawaan casing, sehingga kesehatan komponen lain terjaga 
  • Kebanyakan sudah bersertifikasi 80+  
  • Biasanya bergaransi  
  • Kualitas terjamin dan tahan banting
Kekurangan 
  • Harga relatif mahal untuk yang 80+ standart saja harganya sekitar 500-600 ribuan keatas.
Setelah tahu pentingnya untuk menggunakan PSU yang bagus, agar tak salah pilih PSU, berikut sedikit tips yang mungkin bermanfaat untuk anda.  


1. Merk


Merk merupakan salah satu hal yang penting, semakin terkenal merk sebuah produk, maka produsen akan berusaha membuat produk yang baik, dan tidak asal buat, banyak yang di pertimbangkan seperti daya tahan produk, serta kualitasnya, Merk juga menjadi jaminan, membuat kita lebih tenang ketika menggunakan produk dengan merk yang terkenal bagus, banyak dipakai orang serta sudah terbukti kualitasnya, beberapa contoh merk yang bagus diantaranya, corsair, thermaltake, cooler master dan masih banyak lagi. 


2. Kapasitas PSU 

Kapasitas power supply bermacam-macam ada yang 350watt, 400watt, 450watt, 500watt, 850watt, bahkan 1000watt, maka dari itu sesuaikan dengan kapasitas yang kamu butuhkan, PSU akan memberikan daya sesuai dengan yang dibutuhkan komputer anda, semisal anda membeli PSU dengan kapasitas 1000watt, sedangkan komputer hanya membutuhkan 350watt, maka PSU hanya akan memberikan daya ke komputer sebesar 350watt saja, percuma kan ? kalau begitu beli PSU yang 500watt saja sudah cukup. 

Kamu bisa cek kebutuhan watt komputer kamu, menggunakan software LocalCooling.


Walaupun tidak begitu akurat, tetapi bisa digunakan sebagai gambaran saja, kira-kira berapa sih daya yang dibutuhkan komputer kita.  


3. Kualitas

PSU yang bagus biasanya sudah lolos sertifikasi 80+, ada beberapa tingkatan dalam sertifikasi PSU ini, ada 80+ Standart, Bronze, Silver, Gold, dan yang paling mentok Platinum, dengan adanya sertifikasi ini semakin terjamin kualitas dan performa dari PSU.

Namun, kita juga perlu berhati-hati karena banyak, PSU murah yang mencantumkan logo 80+ ini agar terlihat meyakinkan, padahal tidak bersertifikasi sama sekali. 

Cooler master 450we yang harganya 500-600 ribuan keatas saja baru bersertifikasi 80+ Standart, maka hati-hati jika menemukan PSU dengan harga dibawah 500 ribu tapi sudah 80 plus ataupun 80 bronze.  

Jika kamu ragu apakah PSU incaran kamu sudah bersertifikasi atau belum, kamu bisa cek di plugloadsolutions.com.
 
PSU di komputer udah kayak jantung, dia yang mensuplai tegangan listrik ke seluruh komponen komputer agar dapat bekerja dengan baik, coba saja bayangin kalau pake jantung abal-abal, mau pake komponen high end dan keren pun, bakal percuma, jadi pertimbangkan untuk membeli PSU yang bagus walaupun sedikit lebih mahal.

Sekian, Semoga Bermanfaat.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips & Trik : Blokir Situs dengan URL Filter di Modem ZTE F609

Cisco : Konfigurasi STP (Spanning Tree Protocol) Cisco Packet Tracer

Cisco : Konfigurasi Dasar Port Security Cisco Packet Tracer