Kali ini, kita akan membahas Cara Konfigurasi DNS di Debian Menggunakan Bind9, buat yang belum tahu apa itu DNS bisa baca postingan saya men...

Sysadmin : Konfigurasi DNS di Debian Menggunakan Bind9

Kali ini, kita akan membahas Cara Konfigurasi DNS di Debian Menggunakan Bind9, buat yang belum tahu apa itu DNS bisa baca postingan saya mengenai DNS di sini. Oke langsung saja kita mulai.



KONFIGURASI 

Pertama konfigurasi IP address dahulu pada debian kamu, pada postingan kali ini saya menggunakan IP address 10.10.10.10/24. buat yang belum tahu konfigurasi IP address bisa baca di sini.

Langkah selanjutnya, setelah konfigurasi IP address adalah menginstal Bind9, Bind9 merupakan salah satu aplikasi DNS, dan jangan lupa masukkan Debian DVD 1.

Install Bind9 dengan perintah "apt-get install bind9".


Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya kita akan mulai konfigurasi, masuk ke direktori Bind9 dengan perintah "cd /etc/bind".



Ketik perintah "ls" untuk melihat isi dari direktori Bind.


Nah, selanjutnya kita akan konfigurasi file named.conf.local, ketik perintah "nano named.conf.local", untuk mengedit filenya.


Setelah terbuka, edit file dengan menambahkan konfigurasi seperti gambar dibawah. tekan Ctrl X + Y untuk keluar dan menyimpan konfigurasi.


Lalu kita copy file db.local dan mengganti nama filenya menjadi db.for (forward), juga pada file db.127 kita copy dan rename filenya menjadi db.rev (reverse). lakukan dengan perintah seperti gambar dibawah.


Setelah file di copy kita akan edit file db.for dengan perintah "nano db.for". dan konfigurasi seperti gambar dibawah ini.


Juga kita edit file db.rev dengan perintah "nano db.rev" seperti berikut.


Setelah file db.for dan db.rev kita edit, restart bind9 dengan perintah "service bind9 restart".

PENGUJIAN

Ketik perintah nslookup untuk mengecek apakah konfigurasi kita berhasil atau tidak, apabila muncul seperti dibawah ini maka konfigurasi berhasil. 


Sekian, Semoga Bermanfaat.

0 komentar: