Mungkin kalian pernah denger yang namanya DNS, Tapi, Apa sih DNS itu, Fungsinya untuk apa sih, Nah pada postingan kali ini kita akan membaha...

Apa itu : DNS (Domain Name System)

Mungkin kalian pernah denger yang namanya DNS, Tapi, Apa sih DNS itu, Fungsinya untuk apa sih, Nah pada postingan kali ini kita akan membahas, Apa sih DNS itu dan apa Fungsinya.


A. SEKILAS SEJARAH DNS

DNS merupakan singkatan dari Domain Name System, DNS ini ditemukan oleh Paul Mockapetris pada tahun 1983, sebelum adanya DNS, mapping domain pada saat itu menggunakan sebuah file bernama Hosts.txt.

Host.txt ini berisi nama-nama seluruh host yang ada di dalam jaringan beserta IP addressnya, sehingga komputer yang ada didalam jaringan dapat terhubung hanya dengan mengisikan nama Host komputer tersebut, tanpa harus tahu IP address masing-masing komputer.

Namun file Hosts.txt ini memiliki kekurangan, ketika ada penambahan Host / Komputer baru dalam jaringan, maka Host.txt ini harus diedit dan di copy kan ke semua Host / Komputer yang terhubung kedalam jaringan tersebut.

Tetapi sekarang sudah ada yang namanya DNS (Domain Name Sytem), DNS adalah sebuah protokol yang berfungsi menerjemahkan IP Address ke Hostname / Domain, maupun sebaliknya.

Sebagai contoh, semisal kita ingin mengakses sebuah situs, facebook misalnya, tanpa DNS ketika kita ingin mengakses situs Facebook, maka kita harus tahu dulu IP address dari facebook. begitu juga ketika kita ingin mengakses situs lainnya, coba bayangkan saja kita harus menghapal semua IP address dari situs-situs tersebut, cukup merepotkan kan ?

Nah, DNS menerjemahkan IP address ke sebuah Hostname / Domain, sehingga mudah untuk dihapalkan manusia, memudahkan kita ketika ingin mengunjungi sebuah situs seperti misal, facebook.com, kaskus.co.id, dengan nama-nama seperti itu akan lebih mudah untuk kita mengingatnya.

B. CARA KERJA DNS 

DNS dapat bekerja menggunakan sebuah program resolver, seperti Web Browser, Web Browser ini berfungsi sebagai penghubung client dengan DNS server. Berikut cara DNS bekerja menggunakan sebuah perumpamaan.

  • Kita mengakses sebuah situs, Facebook misalnya, kita menuliskan www.facebook.com pada Address bar di browser, setelah itu komputer kita akan menghubungi DNS lokal dan meminta IP address dari facebook.com.
  • Setelah DNS lokal menerima permintaan dari Komputer kita, DNS lokal akan mencari IP address dari facebook.com. di cache dan database DNS lokal, jika ditemukan maka akan dikirim ke komputer kita, dan kita pun bisa membuka situs facebook di komputer kita 
  • Namun, Jika tidak ditemukan, maka DNS lokal akan meneruskan ke DNS server lainnya. 
  • Pada DNS server lain, jika IP addressnya sudah ditemukan, maka DNS server lain akan mengirimkan IP nya ke DNS server lokal dan menyimpannya pada cache, agar ketika kita ingin mengakses Facebook.com tidak perlu mencari IP addressnya ke DNS server lain. 
  • Lalu dari DNS server lokal, IP address dikirim ke komputer kita dan kita dapat membuka situs Facebook.com
Kira-kira seperti itu gambaran Cara kerja DNS (Domain Name System). 

Sekian, Semoga Bermanfaat. 

0 komentar: