Postingan kali ini membahas Instalasi Mikrotik di Virtualbox, cara ini bisa digunakan sebagai alternatif belajar mikrotik tanpa harus menggu...

Mikrotik : Instalasi Mikrotik di Virtualbox

Postingan kali ini membahas Instalasi Mikrotik di Virtualbox, cara ini bisa digunakan sebagai alternatif belajar mikrotik tanpa harus menggunakan routerboard.


KONFIGURASI

  • Siapkan iso mikrotik 
  • virtualbox

Buka Virtualbox dan buat vm baru, tulis nama vm, folder dimana kita akan menyimpan vm, untuk tipe dan versi bisa diisi other saja. lalu tekan lanjut/next.



Lalu atur RAM untuk digunakan ke vm, RAM tidak perlu banyak-banyak, dikarenakan Mikrotik ini cukup enteng.



Pilih option kedua "Buat disk virtual sekarang" lalu klik create / buat.



Pilih VHD, lalu next.


Atur ukuran file VM nya. 


Masukkan file iso Mikrotiknya. lalu mulai.


Lalu pada tahap instalasi kita diminta untuk menginstal apa saja yang kita perlukan, tekan "p" dan "n" atau arrow keys untuk navigasi, tekan "a" untuk memilih semua option, tekan "spacebar" untuk memilih option, "q" untuk keluar dan reboot, tekan "i" untuk install.


Do you want to keep old configuration? (y/n): tekan Y



Lalu akan muncul seperti ini. tekan Enter.


Jangan lupa keluarkan iso mikrotiknya agar saat VM reboot, tidak kembali ke menu instalasi. Pilih tab Peranti - Driver Optik - Hilangkan centang pada iso nya.


Setelah reboot akan muncul seperti ini, isi username dan password defaultnya. username diisi "admin" dan password dikosongkan saja lalu tekan "Enter". Instalasi selesai.


Sekian, Semoga Bermanfaat.

0 komentar: