Cisco : Konfigurasi Dasar VLAN pada Cisco Packet Tracer

Virtual LAN atau yang biasa disingkat VLAN, merupakan suatu fungsi yang terdapat pada Manageable switch. Pada dasarnya switch hanya memiliki 1 Broadcast domain saja namun dengan adanya vlan memungkinkan dalam satu switch bisa memiliki lebih dari satu broadcast domain, dengan membagi satu broadcast domain menjadi beberapa broadcast domain.


Seperti yang bisa kita lihat pada topologi diatas, terdapat 2 buah vlan yang memiliki 2 buah network yang berbeda, hanya dengan menggunakan satu buah switch.

KONFIGURASI

Pertama, pastikan seluruh komputer telah terisi IP , Netmask serta Gatewaynya, seperti berikut. Lakukan berulang pada komputer lainnya.


Lalu, kita mulai konfigurasi switch, disini kita membuat 2 VLAN, VLAN 10 dengan nama Lab. IPA dengan network 10.10.10.0/24 dan VLAN 20 dengan nama Lab. Komp dengan network 20.20.20.0/24.


Kita Assign masing – masing port / interface ke vlan, seperti gambar dibawah.


Ketikan perintah “Show vlan” untuk melihat apakah vlan terdaftar dan masing – masing port / interface sudah masuk ke VLANnya masing-masing. seperti yang kita lihat pada gambar dibawah, terdapat 2 VLAN dan masing – masing interface sudah masuk ke VLAN masing – masing.


Coba ping antar komputer dalam satu VLAN yang sama, jika muncul “Reply” maka konfigurasi berhasil.

Sekian, Semoga Bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips & Trik : Blokir Situs dengan URL Filter di Modem ZTE F609

Cisco : Konfigurasi STP (Spanning Tree Protocol) Cisco Packet Tracer

Cisco : Konfigurasi Dasar Port Security Cisco Packet Tracer