Cisco : Konfigurasi STP (Spanning Tree Protocol) Cisco Packet Tracer


STP (Spanning Tree Protocol) adalah sebuah fitur pada switch untuk menghindari terjadinya looping pada jaringan yang dapat menyebabkan jaringan down, tidak hanya mengatasi looping STP juga mencegah terjadinya broadcast storm dan Multiple frame copies. 

Looping terjadi ketika Switch ingin mengirimkan data ke perangkat yang MAC addressnya tidak terdaftar pada switch tersebut. Switch lalu membroadcast paket data ke semua port, sayangnya perangkat lain pun tidak tahun MAC Addressnya, dan akhirnya perangkat lain pun akan membroadcastnya lagi, sehingga paket akan berputar-putar dan tak sampai tujuan. 



Pada dasarnya tanpa kita konfigurasi pun, switch dengan sendirinya mengaktifan STP ini, bisa kita lihat gambar diatas, ada salah satu port yang diblok, ditandai dengan warna orange pada port. Port interface yang diblok pun tidak sembarangan, Switch yang memiliki Mac Address dan Cost yang terbesarlah yang akan diblok.

Kita pun dapat mengubah port yang di blok dengan cara berikut.


SW1 merupakan Root Bridge ditandai dengan semua portnya yang menyala. dan disini kita akan mencoba mengubah port yang diblok dari fastEthernet0/2 SW2 ke fastethernet 0/2 SW1, dan menjadikan SW 2 sebagai Root Bridge.

Pada SW1 ketik "spanning-tree vlan 1 priority 0"


Port yang diblok pun akan berpindah ke fastEthernet 0/2 SW1, dan SW2 sekarang menjadi Root Bridge, ditandai dengan menyalanya semua port.


Sekian, Semoga Bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips & Trik : Blokir Situs dengan URL Filter di Modem ZTE F609

Mikrotik : Enable dan Disable Interface di Mikrotik